Dasar-dasar Kriptografi dan Mata Uang Kripto

Semua mata uang membutuhkan suatu cara untuk mengontrol ketersediaan atau supply dan memaksakan berbagai macam teknik keamanan untuk mencegah tindak kecurangan. Pada mata uang fiat, organisasi seperti bank sentral mengatur jumlah uang yang beredar dan juga mencegah terjadinya tindak pemalsuan uang. Tindakan keamanan yang diterapkan mungkin bisa mempersulit orang untuk melakukan serangan, akan tetapi tindakan pencegahan tersebut masih bisa memungkinkan orang untuk melakukan pemalsuan Oleh karena itu para penegak hukum harus mampu menghentikan orang agar tidak melakukan tindakan kecurangan di atas.

Mata uang digital juga harus memiliki sistem keamanan tersendiri yang mencegah agar tidak ada orang yang bisa mengubah kondisi sistem dan melakukan pernyataan yang berbeda-beda pada berbagai macam orang sehingga tidak terjadi kecocokan data. Misalnya, apabila Alice meyakinkan Bob bahwa dia membayar dengan uang digital, maka dia tidak boleh bisa meyakinkan Carol bahwa dia membayarnya dengan uang digital yang sama. Akan tetapi tidak seperti mata uang fiat, sistem keamanan mata uang digital harus didasarkan pada teknologi dan tidak bergantung pada otoritas sentral.

Sebagaimana namanya, mata uang kripto atau mata uang digital, menggunakan kriptografi sebagai basis sistemnya. Kriptografi memungkinkan adanya mekanisme yang aman untuk melakukan enkode aturan-aturan kriptografi di dalam sistem itu sendiri. Kita bisa menggunakannya untuk mencegah pemalsuan dan ekuivokasi, sekaligus untuk melakukan enkode, dalam protokol matematis, aturan-aturan pembuatan unit baru dari mata uang tersebut. Oleh karena itu, sebelum kita bisa memahami mata uang kripto dengan baik, kita perlu memahami dasar-dasar kriptografi yang menjadi dasar dari mata uang kriptografi.

Kriptogafi adalah suatu bidang penelitian akademis yang luas, dengan menggunakan berbagai macam teknik matematika yang kompleks dan cenderung sulit dipahami. Untungnya, Bitcoin hanya menggunakan beberapa prinsip dasar yang relatif simpel dan banyak diketahui publik atau sudah populer. Berikut ini adalah beberapa dasar kriptografi yang perlu kita pahami.

Untuk Selengkapnya anda dapat mengunjungi sumbernya langsung pada link di bawah ini:

Dasar-dasar Kriptografi dan Mata Uang Kripto – Part 1 | Fungsi Hash Kriptografi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *